Jacob Ereste : Mimpi Indah Liburan Akhir Tahun Menjelang Pemilu 2024.

Postsurabaya.com – Kesibukan akhir tahun 2023 memang terlanjur disibukkan oleh perbincangan politik menghadapi Pemilu 2024. Nyaris tak ada rencangan berlibur, apalagi untuk warga masyarakat menengah ke bawah.

Sebab bukan hanya deviden tak ada yang bisa dibagi, karena kalau pun ada, lebih sibuk untuk menyelesaikan beragam macam rekening listrik dan air yang terus membumbung nilainya.

Belum lagi kredit kendaraan yang belum lunas, atau semacam biaya kontrak rumah yang harus dibayar.

Tekanan ekonomi secara umum yang mendera warga masyarakat menengah ke bawah ini memang sejurus dengan harga sembako yang diam-diam terus menekan tanpa bisa kompromi atau diabaikan.

Namanya juga kebutuhan pokok yang tak mungkin dapat ditawar-tawar atau bahkan tidak mungkin sejenak pun boleh ditunda.

Jadi begitulah kondisi obyektif pada umumnya warga masyarakat kita. Meski pada musim Pemilu 2024 ini gelontoran beragam paket sembako mulai berdatangan.

Tapi toh, tetap tidak cukup untuk mengatasi masalah ekonomi rakyat yang semakin terhimpit oleh kebutuhan hidup lainnya.

Termasuk biaya sekolah anak-anak, kendati sudah mendapat keringan dari berbagai kewajiban yang harus dibayar tunai.

Jadi istilah liburan akhir tahun masih menjadi mimpi indah yang cukup berhenti di dalam angan belaka. Sebab untuk menikmati liburan akhir tahun itu hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang terbilang surplus dalam banyak hal, utamanya finansial.

Sebab di jaman sekarang ini nyaris tak ada yang terbilang gratisan. Sekedar untuk menikmati deburan laut saja, dimana-mana sudah dikenakan tiket pembayaran.

Meski begitu, toh ucapan selamat kepada sahabat dan kerabat yang memiliki kesempatan menikmati liburan akhir tahun, tetap perlu diucapkan sekaligus dido’akan agar tetap selamat dan berbahagia. Karena hanya dengan begitu.

Kebahagian pun akan bersemayam di hati kita. Minimal dengan kesempatan untuk menikmati liburan akhir tahun ini dapatlah sejenak melupakan suasana pengap dan kebisingan yang telah rutin menteror kita dari hari ke hari.

Kalau pun cuma sekedar mimpi dalam, menikmati liburan akhir tahun yang indah, toh yang terpenting adalah adanya kesadaran bahwa untuk sejenak meredakan penat perlu dilakukan.

Sebab Pilpres 2024 terlanjur menyedihkan berbagai ketegangan yang cukup dominan memberi isyarat adanya kerawanan yang cukup sulit dan rumit untuk diprediksikan.

Tapi toh, semua tetap harus kita hadapi dengan cara yang lebih bijak.

Pantai Dadap, 16 Desember 2023

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.